Thursday, July 29, 2010

Marshmallow

                                                             
Marshmallow atau manisan kenyal adalah makanan ringan bertekstur seperti busa yang lembut dalam berbagai bentuk, aroma dan warna. Marshmallow bila dimakan meleleh di dalam mulut karena merupakan hasil dari campuran gula atau sirup jagung, putih telur, gelatin, gom arab, dan bahan perasa yang dikocok hingga mengembang. Marshmallow merupakan makanan ringan yang sering dimakan setelah dipanggang di atas api unggun. Bila dipanggang di atas api, bagian luar marshmallow mengalami karamelisasi sedangkan bagian dalam sedikit mencair. Lama pemanggangan bergantung pada selera, mulai dari sedikit berubah warna hingga manisan kenyal menyala dan sedikit gosong. Resep untuk membuat manisan kenyal ada lebih dari 1.000 cara yang berbeda.



Sejarah

Resep tradisional manisan kenyal tidak menggunakan gelatin, melainkan sari akar tanaman semak Althaea (genus) / marshmallow (Althea officinalis), sehingga penganan ini disebut marshmallow.

Bapak kedokteran, Hippocrates, menggunakan marshmallow untuk mengobati memar dan kehilangan darah.  Dioscorides menulis tentang sifat-sifat positif marshmallow, sedangkan Horace memuji sifat laksatif dari daun dan akar tanaman tersebut. Dokter Romawi menggunakan marshmallow untuk mengobati sakit gigi, gigitan serangga, bengkak karena kedinginan, dan kulit yang teriritasi. Penduduk Cina, Mesir, dan Roma memakan berbagai jenis marshmallow. Penduduk Prancis memakan bunga dan daun dalam bentuk salad. Marshmallow dahulu digunakan untuk meredakan sakit gigi, gigitan serangga, gangguan pencernaan, dan diare di Eropa selama abad pertengahan. Saat bayi tumbuh gigipun diberikan marshmallow.

Setelah Alex Doumak mematenkan proses ekstrusi di tahun 1948, manisan kenyal mulai dibuat di pabrik dengan mesin ekstrusi. Hasilnya berupa manisan kenyal berbentuk silinder yang dipotong-potong dan diguling-gulingkan dalam campuran tepung jagung dan gula halus. Saat ini, manisan kenyal disukai anak-anak maupun orang dewasa, bisa dimakan begitu saja, dimasukkan ke dalam minuman (cokelat susu, café mocha), dibuat kue dan gula-gula (biskuit Mallomars, Peeps), atau sebagai penghias hidangan penutup.



Jenis

Tipe manisan kenyal yang umum diproduksi adalah : manisan kenyal timbul (extruded marshmallow), manisan kenyal endapan (deposited marshmallow ), manisan kenyal potongan ( cut marshmallow), manisan kenyal butiran(grained marshmallow ), nougat, manisan kenyal kue busa ( marshmallow-meringues ) dan biskuit serta isi kue wafel ( wafer ). Produk-produk tersebut, berbeda dalam hal tekstur, formulasi, bahan yang digunakan, dan tingkat aerasi.



Kandungan Gizi

Lihat di bawah untuk nilai-nilai gizi dan informasi tentang berapa banyak kalori yang di manisan kenyal termasuk vitamin, mineral, asam folat dan serat makanan, serta protein dan karbohidrat.
 
Kandungan ( /100 gr ) Satuan
Air 16,4 gr
Protein 1,8 gr
Lemak 0,2 gr
Kadar abu 0,3 gr
Karbohidrat 81.3 gr
Kalori 318 kkal
Serat 0,1 gr
Gula 57,56 gr
Sodium 80 mg

No comments: