Sunday, August 8, 2010

Fenomena Facebook

Facebook. Hampir sama dengan situs jejaring sosial lainnya seperti Fiendster, Twitter, de-el-el sama-sama untuk mencari teman, berkirim pesan, menyimpan foto, dan sebagainya. Facebook merupakan sebuah website yang berbasis jaringan sosial, yang dibentuk oleh Mark Elliot Zuckenberg (14 Mei 1984), pada tanggal 4 Februari 2004. Facebook memiliki library API (application programming interface) sehingga memungkinkan para developer untuk membuat aplikasi mini atau widget yang nantinya bisa dipasang atau digunakan di Facebook itu sendiri. Library API ini memungkinkan para developer untuk berkreasi sehingga secara tidak langsung membuat Facebook makin populer.


Kelebihan Facebook:
  1. Sebagian orang menganggap Facebook lebih menantang.
  2. Selling, Facebook memiliki fitur yang memungkinkan kita menawarkan barang atau jasa ke pengguna lainnya. Kita bahkan bisa membuat website, blog, ataupun undangan hanya dari facebook.
  3. Event, kita bisa mengisi event atau kegiatan yang kita ingin pengguna lain tahu. Misalnya ada party, atau launching produk kita bisa mengisi event dan pengguna lain bisa melihatnya.
  4. Status update, kita bisa mengisi status kita sedang apa saja. Misalnya lagi dirumah, trus pergi kuliah, semua itu bisa diupdate dan bisa dilihat oleh pengguna lain. Jadi kita bisa tau kegiatan sehari-hari teman kita.
  5. Anti Fake Account and Spam, Facebook memiliki fitur yang mantap mencegah account palsu dan spam.
  6. Kalo ada foto bareng2, facebook bisa mengetahui mana yang namanya si A, si B, dst dengan catatan si A, si B, dst sudah terdaftar di facebook. (bahkan pas bentuk muka masih culun ajah ketauan.. heheh)
  7. Pencarian teman yang lebih efisien dan cepat.
  8. Banyak aplikasi yang menarik untuk diikuti,baik game, memelihara profile (ato hewan kyk tamagochi), hingga aplikasi untuk pembuktian diri kamu setia ato gak, ato kamu orang jawa tulen ato gak.. heheh
  9. Saya belum pernah denger kata2 “anjrit!!!facebookku dihack!!!” ^^


Kekurangan Facebook:
  1. Jelas,, masih awam untuk sebagian orang Indonesia.=p dan bahkan terlihat eksklusive, (blum merkayatlah.hohooh) masih dikit gituloh orang indonesia yang ikut.
  2. Kalo belum terbiasa akan sangat bingung dengan facebook, karena banyaknya aplikasi yang bisa dimainkan.
  3. Terkandang aplikasi yang terlalu banyak itu membuat sebel juga karena sering ada ajakan dari teman untuk mengikutinya.
  4. Terkadang ada hal-hal aneh yang sering kulihat. Beberapa facebookers membuat status yang tidak pada tempatnya dan itu dilihat orang banyak (bahkan berkelahi). Tapi menurutku zaman sekarang jangan memandang segala sesuatunya dengan serius apalagi hanya dengan status di facebook (biasalah.. cuma buat eksis, heheh.. pengalaman pribadi neh :p)
  5. Banyak orang menilai si A jahat, si B overacting, si C sombong hanya berdasarkan facebook. Menurutku lagi, kita tidak bisa menilai seseorang hanya dari status dan komen-komen mereka di facebook, dan facebook bukanlah parameter untuk menilai seseorang. (ini menurutku lho..)
  6. Sebenernya masih banyak seh kelebihan dan kekurangan dari facebook. Namun ada baeknya untuk selalu mencoba hal baru agar kita juga bisa lebih dapet  pengalaman dan bisa memilih mana yang paling pas untuk kita. Semoga informasi ini dapat bermanfaat.^^

No comments: